Wednesday, April 25, 2007

Rekor Pengiriman Data Internet Tercepat Tercapai

Daniero_news– Sebuah grup penelitian yang dipimpin oleh Universitas Tokyo berhasil memecahkan rekor kecepatan pengiriman data internet. Konsorsium Internet2 menyebutkan para peneliti itu pada 30 Desember 2006 mengirimkan 7,67 gigabyte per second (Gbps) dengan menggunakan sistem komunikasi standard.

Pada hari berikutnya, setelah dilakukan modifikasi sistem protokol, kecepatan pengiriman data tercapai, yakni berhasil mengirimkan data lebih dari 20.000 milepath, atau 9,08 gigabytes per second.

Dengan hasil pencapaian itu, para peneliti kembali memiliki impian untuk dapat mengirimkan data dengan tingkat kecepatan lebih tinggi yakni 10 Gbps. Bahkan melalui konsorsium Internet2, mereka berencana membangun sebuah jaringan baru yang memiliki kapasitas hingga 100 Gbps. Dengan kemampauan seperti itu maka sebuah film “The Matrix” dapat dikirimkan dalam hitungan detik saja. Jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan jaringan Internet2 yang memakan beberapa menit atau bahkan dua hari jika menggunakan broadbank line perumahan.

Para peneliti itu mencapai puncak kecepatan pengiriman data internet pada Desember silam dengan menggunakan sistem IPv6. Data itu dikirimkan dari Tokyo ke Chicago, Amsterdam, dan Seattle, sebelum akhirnya kembali ke Tokyo. Sebelumnya data tercepat diperoleh pada November 2005 yakni 6,96 Gbps.

Sementara itu ketika para peneliti yang terdiri dari 200 ilmuwan itu menggunakan sistem Ipv4 pada Februari 2006, kecepatan pengiriman data hanya 8,8 Gbps. (mbs)

No comments: